Somebody Left A Message on My Wattpad Message Board

, by aqessa


Terharu aja ada yg ngemessage gini. Suka terharu kalo ada silent reader terus ninggalin jejak kesan-pesan abis baca cerita gue. Setiap penulis di wattpad pasti seneng kalo ada yg comment di tiap part ceritanya. Itulah yg membuat gue juga betah ngepost semua first draft cerita gue disana. Comment yang ngebahas ceritanya (apalagi kalo panjang) itu bener2 bikin semangat ngelanjutin part banget tanpa harus dikasih ucapan semangat. Bikin kita pengen cepet2 ngelepas part baru untuk tau respon kalian. Kadang, comment juga jadi tolak ukur apakah penyampaian kita udah bener sehingga org ngerti? Apakah ada plot hole di cerita kita? Apakah pesan yg kita sampaikan nyampe? 

Comment kadang juga bisa mempengaruhi plot/ending kita. Kayak kita bisa ukur selera pasar kayak apa sih? Kalo endingnya gak sesuai pasar gimana nih caranya ya biar cerita kita tetep enak dinikmati ya? Kayak waktu bikin Secangkir Kopi & Pencakar Langit, gue tau banget fansnya Satrya banyak banget, dan mereka bakal sedih pasti kalo Satrya nggak 'menang'. So i try to find a way, gimana bisa ngehibur pendukungnya Satrya, tanpa harus ngerubah plot dan ending yg udah gue siapkan. Jadi tanpa disadari, comment pembaca secara nggak langsung jd editor pertama dalam penulisan cerita tsb lho. Makanya gw sebisa mungkin selalu bales comment2 yg menarik di waktu senggang. Supaya bisa discuss juga. 

Dan alhamdulillah tanpa ngerajuk-rajuk minta votes & comment, lapak gue tetap mendapatkan itu. Suka ada yg bilang dulu sebelum SKdPL serame ini: "kok view dan vommentnya dikit, tapi kamu nggak rewel deh". Gue sih cengar cengir aja bacanya. Orang tujuan main di wattpad ini awalnya biar sukses nyelesain 100 hal cerita, which is udah bisa dijadiin novel. Padahal dulu-dulu kebayang bikin cerita 100 hal di words itu kayak berat bener hahaha. 

Alah, gue kayak penulis beneran aja yak. Yah intinya itu sih yg gue pelajari dari surfing dunia oren tsb. Gue juga masih belajar utk terus menulis dan menjadi lebih baik. Agar cerita gue bukan cuma dinikmati, tapi juga layak dijadiin koleksi. 


read more

My Wattpad Works : "Secangkir Kopi dan Pencakar Langit"

, by aqessa


Kutipan cerita baru gue "Secangkir Kopi & Pencakar Langit" di Wattpad http://w.tt/1MD3DRq

Bagi Satrya, inner beauty is bullshit. First impression setiap laki-laki saat melihat perempuan adalah penampilan fisiknya. Karena dari situ kamu bisa mengukur takaran gaya hidupnya, what kind of date that you should arrange, dan does she's out of your league or not. 

Satrya yang baru ditinggal nikah sahabat—yang dicintainya—menemukan Athaya di hutan belantara dunia IT yang biasanya isinya cowok-cowok doang. Pemikirannya berubah setelah pertama kali cowok itu meminta bantuan Athaya. Inner beauty is the true beauty, he thought.

Satrya bisa memilih cewek cantik untuk didekati, tapi ia hanya tertarik dengan Athaya. Padahal Athaya dari dulu sukanya sama Ghilman yang sebenarnya masih kalah ganteng dari Satrya. Tapi, Ghilman kan sudah punya pacar.. 

Di tengah-tengah kopi, meeting, client, report, ada sekelebat kisah cinta segitiga antara Satrya, Athaya, dan Ghilman. 

See how these characters develop their feelings, friendship, and office drama on my Wattpad account: fairywoodpaperink http://w.tt/1MD3DRq 
read more

Runaway From You on Wattpad

, by aqessa



Jadiii, di tengah-tengah kesibukan gue as Programmer Analyst, di tengah-tengah hecticnya letter Corporate Care yang nggak selesai-selesai dan codingan Streamserve yang pengen mampus bacanya… I found something to rely on. Cielah. 

So, i’ve been writing this story lately. Choose to post it to Wattpad, why? Karena di Wattpad bentuknya kayak eBook gitu dan bisa di embedded video Youtube. Jadi bisa di baca sambil denger lagunya :’). Small things that makes me happy. Di tambah ceritanya yang bikin gue baper sendiri pas bikin (gue sih bukan orang lain hahahahak). Terus jatuh cinta sendiri sama tokoh yang dibuat sendiri. Iya, soalnya gue bikin dia based on dreamguy di otak gue gitu. Jadinya yaa kayak orang lagi jatuh cinta, kesel sendiri, ketemunya cuma di cerita tapi nggak ada wujudnya juga hahaha. Berikut kira-kira sinopsisnya: 

Hanandio Emir, baginya apapun bisa dibawa santai dan bercanda. Emir yang easy going, cuek, dan antik. Karena hobinya gitaran lagu-lagu old school dan bikin model pesawat. 

Adrianna Amaira, calon arsitek yang banyak terinspirasi dari Alice in Wonderland, benci awkward moment, dan satu-satunya orang yang bisa nahan ketawa setiap Emir berulah. Karena bagi Adrie, Emir adalah cowok paling menyebalkan. Cowok itu freak, norak, stalker, pokoknya menyebalkan dan mengganggu! 

Emir memang tidak jahat, dia bukan cowok dingin sok keren yang menyebalkan. Ia seperti serangga bagi Adrie, cowok itu seperti membatasi ruang geraknya. Bagi orang lain, Emir adalah sosok pemuda yang humoris dan menyenangkan. Tidak bagi Adrie. Ia akan berusaha sekencang mungkin, lari darinya, menghindar, jauh-jauh dari cowok itu. Tetapi, sampai kapan Adrie akan terus menerus membangun tembok-tembok tinggi nan dingin untuk menghindari Emir?

Check this story on: http://w.tt/1LffNlZ
read more

Membeli Aplikasi AppStore Secara Legal Tanpa Credit Card

, by aqessa

Semalam, saya membaca perdebatan seru antara reseller aplikasi iOS dengan seorang socmed seleb di ask.fm. Intinya sih si seleb bikin statement bahwa reseller aplikasi itu sama dengan melakukan pembajakan hasil karya intelektual, ilegal, sama halnya dengan pembuat dan penjual dvd bajakan. Memang sih tindakan seperti itu tidak bisa dibenarkan mau apapun alasannya (misal: bantu ekonomi keluarga gituuu?). Sebenarnya sih poin yang di maksud si seleb adalah menjual aplikasi tsb secara bebas (ilegal), karena selain kamu membajak, kamu juga mengambil keuntungan yang bukan hakmu. Saya sendiri suka share ebooks sih, sama sih kayak pembajakan, tapi saya tidak mengambil keuntungan dari situ, saya hanya ingin berbagi untuk yang mau preview buku sebelum beli atau yang mungkin merasa kemahalan kalau beli buku import. Lagipula sebenarnya, baca buku yang bentuk fisiknya seperti buku lebih enak daripada baca ebook :P. Saya sendiri seorang programmer, saya ngerti banget betapa susahnya bikin program dan design, apalagi aplikasi iOS. Selain kuliah yang bertahun-tahun itu, kamu juga harus pakai mac os untuk build aplikasimu, lalu bayar langganan ke iTunes untuk memasukkan aplikasimu ke AppStore. Bayangkan berapa modal awalnya? 

Anywaaay... Yang mau saya bahas disini sebenarnya bukan masalah pembajakannya. Saya tertarik dengan alasan konsumen pembeli aplikasi dari reseller. Rata-rata alasannya: "nggak punya credit card", "lo sih enak orang kaya, kita juga mau kali ngerasain aplikasi dengan harga murah". Hmm.. Baiklah, saya punya beberapa tips untuk kamu membeli aplikasi iOS. 

1.) Sebenarnya, kalau kamu tipe orang yang suka backup-restore ke iTunes, kamu pasti akan berfikir 2x buat beli apps di reseller ilegal. Karena itunes akan meminta verifikasi email & password appstore pembeli aplikasi tersebut. Agak ribet aja sih input-input terus. 
2.) Saya selalu sarankan untuk backup semua data kamu ke itunes, dan turn on iCloud kamu untuk contacts. Karena Apple punya sistem backup-restore dan cloud server yang sangat baik. Ribet tapi memudahkan kamu di kemudian hari jika: idevice hilang, data loss karena factory reset, atau ganti hp. 
3.) Tidak perlu credit card, saya tidak pernah memasukkan credit card number ke data appstore saya, karena sepupu-sepupu yang masih kecil suka pinjam ipod/ipad untuk main, jadi saya menghindari mereka iseng beli diamonds di game. Juga agak parno dengan internet safety disini. Maka, saya biasanya membeli itunes gift card. 
Dimana belinya? Kaskus banyak. Recommend teman-teman saya adalah ibanezblack. Dia jual IDR dan USD. Kalau di Singapore dan Hong Kong, malah biasanya di jual di 7-11 seperti jual pulsa telepon disini. Tapi saya seringnya minta tolong ke teman yang pakai credit card untuk gift voucher / tambah credit untuk saya, kemudian saya akan ganti biaya yang dikeluarkan dia untuk membelinya. 
4.) Tidak punya uang? Nabung! 
5.) Sayang mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk beli aplikasi? Bergayalah sesuai dengan kantongmu, jangan memaksa. Coba cari aplikasi sejenis yang free, biasanya juga banyak. Misal kamu ingin Afterlight, ada kok yang mirip-mirip Afterlight, kamu bisa coba VSCO cam dan lain sebagainya. Dulu jamannya Camera+ dan Snapseed masih happening, saya juga sayang untuk beli, kemudian download aplikasi lain (lupa namanya) yang sejenis. Ya hasilnya memang tidak sama, tapi paling tidak mendekati laaah :p

Sekian tips dari saya. Semoga pengguna smartphone juga semakin smart dalam menggunakan gadgetnya. :))
read more

Fangirl - Rainbow Rowell

, by aqessa

FangirlFangirl by Rainbow Rowell
My rating: 4 of 5 stars

This is another my favorite Rainbow Rowell's book.

Fangirl is a story about Cath an introvert freshman that crazy over Simon Snow (similiar with Harry Potter in our world). Her twin sister Wren already moved on to college life and ready for real life. But Cath didn't. She had to moved from her comfort zone to face a real life, college life. To face people, real people, people in front of her, people outside computer screen.

Just like Eleanor and Park, Rainbow wrote this one very well. Eventhough I'm not writing fanfiction, but I'm crazy over something. Everything. From books to movies. I'm crazy over Rainbow Rowell's now. As usual, the people seems so real, so close with us. And Rainbow makes simple things sounds so beautiful. And Cath and Levi relationship also too sweet and romantic. I'm crazy over Levi too! LOL.

Levi was too kind, sweet, polite, and responsible. Like a picture of gentleman. And he doesn’t care if Cath was crazy. Maybe he didn’t have incommon with Cath, but they were like completing each others. Cath likes reading and writing, Levi likes listening. Sometimes you don’t choose people who similar to you to build a relationship. Sometimes two different people are like puzzle and they will complete each other’s part.

If you like Eleanor and Park, you have to read Fangirl too.

View all my reviews on Goodreads
read more