A Quote From Putu Wijaya's Story

, by Aqessa Aninda

Salah satu quotes favorite saya:
"Hidup itu tidak sekotor yang diceritakan oleh buku-buku perpustakaanmu meskipun memang tak seindah mimpi-mimpimu" --Putu Wijaya
Di salah satu cerpennya, mengisahkan tentang anak perempuan kutu buku. Ia mencari seorang lelaki sejati. Kemudian ibunya menyuruhnya untuk pergi ke luar dan mencari lelaki tersebut. Cerita itu menggambarkan bahwa tidaklah salah menjadi seorang kutu buku, buku adalah jendela dunia. Tapi, kalau hanya menghabiskan waktu membaca buku, kita tidak akan punya pengalaman. Hanya tau teori tapi tidak dapat diimplementasikan.

'Hidup tidak sekotor yang diceritakan oleh buku-buku perpustakaanmu'
Hidup memang tidak sekejam yang diceritakan di buku atau film.

'Meski memang tak seindah mimpi-mimpimu'
Hidup memang seperti jalan yang berliku, pasti ada kesusahan. Dan kesusahan itu pasti akan ada ujungnya. Meski tidak tau kapan akan berhenti, tapi Tuhan tidak mungkin memberikan cobaan jika hambanya tidak kuat melewatinya. Maka, perbanyaklah pengalaman hidup. Karena pengalaman adalah guru yang paling bijak :)

Daripada buang waktu untuk mikirin cowok, mikirin orang, lebih baik banyak-banyak berteman dengan berbagai kalangan. Ikut organisasi atau kegiatan yang bisa mengembangkan bakat (entah itu seni, eksak, sosialisasi dll), belajar menghargai pendapat orang, mengenal karakter-karakter orang lain. Jangan sia-siakan selagi muda :)

0 comments: