Role Model(s)



Dua hari ini gue habiskan dengan nonton DVD Coco Before Chanel dan Amelia, dua perempuan favorite gue. Kenapa? Semangatnya. Independentnya. Merubah dunia.

Coco Chanel


Bernama asli Gabrielle Chanel, kemudian mendapatkan panggilan "Coco" dari lagu yang sering ia nyanyikan di pesta-pesta. Yatim piatu sejak kecil (ayahnya tidak pernah kembali) dan hidup hanya berdua dengan kakaknya. Ia bekerja menjadi penjahit dan penyanyi di malam hari. Jaman dulu, perempuan-perempuan banyak yang jadi 'simpanan' bangsawan. Tapi Coco nggak mau menjadi semacam geisha seperti itu. Meski akhirnya dia tinggal bersama Baron (karena kakaknya diajak menikah dengan Baron-nya, walau akhirnya bukan menikah tapi hidupnya ditanggung) demi karirnya. Dan hal yang membuat gue kagum dengan Coco: independen dan tastenya! Saat itu perempuan selalu diremehkan di mata laki-laki, karena cuma bisa duduk manis jadi "sangkar madu"-nya laki-laki. Coco tidak mau diremehkan seperti itu, maka ia bertekad ia ingin berkarir. Coco tidak mau menjadi "followers" dalam fashion, ia memiliki seleranya sendiri dalam fashion. Kemudian ia mulai membuat baju dan topi, meski awalnya dicibir hasil karyanya. Tetapi kalau tidak ada Coco Chanel mungkin tidak ada gaun modern seperti sekarang :). Satu hal untuk menggambarkan Coco: elegant.

Amelia Earhart



Amelia pernah bilang, "Never do things others can do and will do if there are things others cannot do or will not do." kemudian ia menjadi pilot perempuan pertama yang menyeberangi Atlantik! Meski ia sering diremehkan, tetapi Amelia dapat membuktikan bahwa perempuan bisa melakukan apa yang laki-laki lakukan. Menerbangkan pesawat. Tidakkah aneh mimpinya? Tetapi itulah passion. Ia menyukainya dan percaya bahwa ia bisa. Maka ia berhasil melakukannya. Amelia sangat menginspirasi perempuan-perempuan Amerika di jamannya akan kepercayaan dan kegigihannya. Meski akhirnya ia hilang ketika perjalanannya menuju Hawaii :(

---


Gabrielle 'Coco' Chanel dan Amelia Earhart adalah dua perempuan favorite saya. Role model saya. Idealismenya, semangatnya, mimpinya, prinsipnya, memberikan saya sebuah contoh bahwa: Every dream you've ever had is possible to happen if you really want it to happen! Memberikan saya contoh perempuan yang berfikiran maju dan kreatif. Superwoman. Selain Gabrielle 'Coco' Chanel dan Amelia Earhart, saya juga pengagum Marie Curie, Jane Austen dan Audrey Hepburn. Marie Curie, scientist wanita bidang kimia yang namanya paling besar, dengan penemuan besarnya: radioaktif. Jane Austen, kesetiannya dan imajinasinya melahirkan karya-karya besar sepanjang masa (kalau kamu lihat di Kinokuniya, coba hitung berapa banyak cetakan buku-buku Jane Austen!) dan Audrey Hepburn, aktris & balerina, cantik, mempesona, elegan, tetapi tidak ada titel perempuan 'nakal' seperti kebanyakan selebritis hollywood jaman sekarang.

Mungkin Audrey Hepburn dan Coco Chanel memang cantik, tapi mereka tidak dinilai hanya karena kecantikannya saja bukan? Pengaruh mereka dalam dunia entertainment atau fashion sangatlah besar. Amelia Earhart, Marie Curie, Jane Austen, mungkin mereka berwajah biasa saja. Nggak bergerak di dunia fashion dan glamour. Tapi mereka sangat sangat sangat berpengaruh di dunia yang digelutinya. Lagipula, menurut saya semua perempuan cantik, nggak ada yang jelek. Seperti kata orang, "Kalau nggak cantik ya cari kelebihan yang lain, tonjolkan kelebihan itu. Kalau terlihat kelebihannya dimana, siapa yang peduli cantik atau nggaknya?" Dan setiap orang pasti punya kelebihan. Seperti kata Hellen Keller, "I can't do everything. But I can do something. I must not fail to do something that I can do!"

No comments:

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com