Tips Memilih Dunia Perkuliahan

Tips untuk adik-adik yang mau masuk kuliah!
  1. Tentukan lo mau nama universitasnya atau fakultasnya
    Ini penting! Kenapa? PTN (Perguruan Tinggi Negeri) memang bergengsi di beberapa instansi. Kalo lo lamar kerja, otomatis PTN pasti diutamakan. Meski ada sih beberapa kantor yang mencari IPK-nya dulu baru namanya, ada juga yang kampusnya dulu baru IPK-nya. Kalo lo ingin kerja di tempat bergengsi dan nggak peduli apa cita-cita lo, silahkan ambil PTN dengan jurusan asal. Tentu lo tau lah kapasitas lo cocok di jurusan apa kan? Kalo lo mau mengikuti minat dan impian lo, jadikan jurusan/fakultas nomor satu. Tapi di swasta dengan link perusahaan yang bagus, nggak susah kok cari kerjaan. Apalagi kalo lo udah punya pengalaman kerja. Karena gimanapun sebenernya pengalaman kerja adalah pelajaran yang sebenarnya. Kuliah itu cuma dasar pengetahuan dan teori.
  2. Tentukan konsistensi lo dan kesanggupan lo
    Misalnya nih, lo mau masuk teknik, kira-kira otak lo kuat nggak? Fisik lo kuat nggak? Dan kalo lo ngerasa pas-pasan tapi tetep kekeuh, lo mau usaha nggak? Desain, lo sanggup nggak? Lo bisa kreatif nggak? Hukum, lo sanggup ngafal sekian ratus passal nggak? Jangan buang-buang waktu dan uang. Jangan lo asal ikut orang tua, atau lo liat temen lo enak lo pikir enak. Semua kuliah nggak ada yang gampang, nggak ada yang enak. Tapi gue akui, Desain; Teknik; Kedokteran itu paling nyita waktu, pikiran, tenaga, beban dari yang lain.
  3. Cari yang terbaik
    Kalo lo mementingkan fakultas, sebaiknya tetep usahakan negeri, tapi kalo nggak bisa masuk negeri cari swasta yang bagus di bidangnya.
Itu aja sih tips dari gue untuk yang masih pada bimbang masuk kuliah. Semoga bermanfaat! :)

1 comment:

Melinda S said...

Ma'aci kakak echa atas tips nyaaa :*

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com