Nasional.Is.Me

, by Aqessa Aninda


Pernah baca bukunya Pandji 'Nasional.Is.Me' ? Saya baca versi free ebook-nya, kemudian waktu versi cetaknya keluar saya pinjam teman untuk baca bab yang tidak ada di versi ebook.

Bab favorite saya adalah 'Dari Sabang Sampai Merauke'. Disitu Pandji cerita kota-kota di Indonesia yang ia kagumi. Saya suka cara Pandji bercerita. Tidak membosankan dan tidak biasa. Waktu ia menceritakan kota Padang, semua orang Indonesia kalo denger kata 'Padang' pasti yang tersirat masakan Padang (yang enaknya subhanallaaaaahh), jam gadang, bukittinggi. Tapi Pandji mengungkap beberapa daerah dan keunikan kota tersebut yang jarang kita dengar, seperti bus di Padang itu semua gambar-gambarnya lucu, dan ternyata orang sana selain memilih bus sesuai trayek mereka memilih sesuai gambar kesukaan mereka, LOL.
Tentang kota Makassar, disana Pandji menceritakan ada tempat dimana kita bisa pake baju Pilot sukhoi asli (lengkap dari atas sampai bawah) terus masuk ke kokpitnya. Sebenarnya itu buka sukhoi yang buat tempur beneran sih, semacam taxi (entah itu sukhoi yang dikhususkan untuk belajar atau gimana), jadi kita masuk ke pesawat tapi pesawatnya nggak terbang. Cuma muter-muter di lapangan terbangnya. Kayak naik mobil tapi bentuknya pesawat gitu deh.

Bab 'Dari Sabang Sampai Merauke' juga sudah mencakup banyak hal-hal seperti pendidikan, politik, kesehatan, pertahanan, dll. Nggak cuma cerita traveling, keindahan Indonesia, atau makanan-makanannya. Contohnya kayak ceritanya di NTT, Pandji lebih membahas kurangnya perhatian pemerintah dan masyarakat untuk kesehatan di daerah ini; Makassar, bagaimana dunia pertahanan Indonesia sebenarnya sudah baik tapi kita kalah di bidang teknologi; Belitung, tentang Laskar Pelangi dan dunia pendidikan di Indonesia.
Banyak lah di bab ini yang menarik, tapi nggak mau jadi spoiler ah... lebih baik baca sendiri aja! ;)

Selain bab ini banyak juga sih bab yang menarik, terutama yang lagi seneng jadi supporter, nah.. baca deh tuh! :D

0 comments: