Flipped (2010): You Never Forget Your First Love

Director: Rob Reiner
Stars: Madeline Caroll, Callan McAuliffe
Rating: 7.5/10

Juli Baker jatuh cinta pada pandangan pertama dengan tetangga barunya, Bryce Loski. Sejak kelas 2, Juli yakin ciuman pertamanya akan jatuh pada Bryce. Sayangnya, Bryce tidak merasakan hal yang sama dengan Juli. Saat kelas 6 Bryce mendekati Sherry Stalls agar Juli menjauhinya. Sejak saat itu pula Sherry menjadi 'musuh abadi' Juli. Ketika Bryce dan Sherry putus, Juli kembali bersemangat. Namun bagi Bryce, tingkah laku Juli aneh dan sangat mengganggunya. A freak, a stalker.

Bagi Bryce, ia lebih senang Juli mengganggunya dibanding marah dengannya. Ia mulai memperhatikan Juli dalam rangka permintaan maafnya. Karena kakeknya lah, ia tahu kehidupan keluarga Juli. Tanpa sadar, ia sebenarnya menyukai Juli. Juli yang pintar dan baik hati. Bryce kepergok memperhatikan Juli di lab, Bryce membicarakan Juli di perpustakaan, Bryce memandangi foto Juli di koran.
Sedangkan Juli malah sebaliknya, Bryce hanya anak laki-laki yang tidak berperasaan, Bryce bahkan tak pernah benar-benar menjadi temannya. Mereka tidak pernah mengobrol, Bryce tidak pernah melakukan 'what friend should do' terhadap Juli. Bryce tidak mendukung Juli ketika Sycamore Tree akan ditebang, Bryce tidak senang dengan kemenangan Juli di science fair, Bryce membuang semua telur yang diberikan Juli untuk keluarga Loski, Bryce menghina pekarangan Juli, bahkan Bryce menertawakan paman Juli yang terbelakang.

Ketika acara lelang 'Basketboys' tahunan diadakan, Bryce terpilih menjadi salah satu kandidat 'The Basketboys'. Bryce awalnya tak yakin Juli ikut dalam tawar menawar lelang, namun ketika teman-temannya berkata bahwa mereka lihat Juli membawa uang, Bryce ingin Juli yang menawarnya. Namun Bryce takut apabila Juli kalah tawar dengan Sherry.
Dari awal, Juli tak mau membawa sejumlah uang agar tak tergoda untuk ikut lelang, namun ditengan jalan Juli diberi uang oleh Mrs. Steuby atas bayaran dari penjualan telur-telurnya, Juli pun ikut menawar. Bukan menawar Bryce, tapi malah menawar Eddie Trulock karena kasihan.
Saat acara makan siang, Bryce menarik Juli dan akan menciumnya. Namun Juli meninggalkannya. Juli pun tidak mau menemui Bryce berhari-hari. Meskipun setiap hari Bryce berusaha mengetuk pintu rumahnya, meneleponnya, bahkan mengetuk jendela kamar Juli.

Juli tumbuh di keluarga sederhana yang tak sempurna. Ia mensyukuri apa yang ia miliki. Bryce tumbuh di keluarga mapan yang disfungsional. Ia mengerti ayahnya, berusaha mencerna perkataan kakeknya. Film ini lebih dari sekedar cerita cinta monyet. Tapi juga tentang menghormati dan mensyukuri ketidaksempurnaan orang tua.


Menonton film ini rasanya campur aduk. Senang, lucu, kocak, kesal, terharu, terus 'jleb'. Film yang dibuat dengan 2 sudut pandang ini, benar-benar menggambarkan pandangan cinta monyet dari sisi perempuan dan laki-laki. Ketika lo akan merasa 'anjirrr gue banget nih jaman SMA/SMP!'

Emang ya pas jaman dulu, kalo suka sama cowok suka annoying, ngerasa ada yang salah sama diri kita, ngerasa kepedean, curi-curi kesempatan, dari cinta jadi benci, dari benci jadi cinta, salah tingkah, salah ngomong, jadi bego sendiri, sampai akhirnya melakukan hal positif yang tadinya niatnya buat dipandang orang yang bersangkutan. Yang manis, waktu Bryce itu suka sama Juli unreasonable, sejak kenal Juli lebih jauh, tau kehidupan Juli kayak apa, Juli yang baik hati dan pintar. Well, you don't step into love, you fall.


Kalo suka dengan film-film ini: When Harry Met Sally, He Said She Said, Love Me If You Dare, 500 Days of Summer, I suggest you to watch Flipped! ;)

No comments:

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com