Pretty Little Chat About "Pretty Little Liars"

, by Aqessa Aninda

Oh Please!
I should write this since a loooong time ago, since the first time I fell in love with Pretty Little Liars.


Pretty Little Liars adalah film seri ABC Family, yang mayoritas penggemarnya adalah anak-anak labil. Seriously, PLL is soooo fu*kin' hits di USA sampai Australia. Gue yang awalnya malas sekali dengan cerita-cerita drama yang pacarannya muter-muter doang sekitar geng tersebut kayak 90210 atau Gossip Girl. But one night, I watched Pretty Little Liars "Pilot" episode in Warner. I'm already in love with the color tone, the soundtrack, and the casts. Gila ya, nggak ada cast PLL yang jelek! Semua cantik! Mau Geng Liars-nya atau pemain di luar Geng Liars. Cowoknya juga ganteng-ganteng semua. Bener-bener bikin mata seger banget walaupun ternyata ceritanya di luar yang gue pikirkan. Ada beberapa episode yang kalo kalian tonton, bulu kuduk kalian akan merinding. Bukan, ini bukan murder case. Ini lebih ke psychological thriller. Nggak juga sih, drama juga tapi agak thriller gitu. Dan yang bikin gue makin pengen nonton adalah RASA PENASARAN YANG NGGAK KETULUNGAN. Baru nonton episode "Pilot" aja, gue udah googling siapa A dan apakah Alison masih hidup!

Pretty Little Liars menceritakan tentang 5 cewek cantik di small town Rosewood, Pennsylvania yang punya ugly secrets.

  • Alison DiLaurentis (The Queen Bee) : Alison (Sasha Pieterse) ini ketua gengnya. Every girls want to be her, boys want to date her, parents want her to be their child. Tapi Alison ini tipikal mean girl dan banyak yang nggak suka sama dia. Dia bisa jadi sahabat yang baiiiiiik banget terus berubah jadi mean girl banget even sama sahabatnya. Ali milih Aria, Hanna, Spencer, Emily buat jadi anggota grupnya. Padahal empat cewek ini tadinya loser. Mungkin karena mereka bisa jadi puppetnya Ali. One day, liars lagi sleepover di barn-nya Spencer, kemudian Ali tiba-tiba hilang. Sampai setahun kemudian mereka baru nemuin jasad Alison.
  • Aria Montgomery : Aria (Lucy Hale) ini yang pertama kali gue liat cantiiik banget. Dia sama Ali pernah mergokin bapaknya make-out sama muridnya. Kemudian Ali maksa Aria untuk bilang ke ibunya (yee, keluarga juga keluarga siapaaa sih yaa Ali ini emang nyebelin hahaha). Bapaknya tau kalau Aria mergokin mereka, kemudian The Montgomerys pindah ke Iceland selama setahun. Pas mereka kembali setahun kemudian, Aria nggak sengaja ketemu cowok di bar dan mereka make out. Turns out, cowok itu adalah guru Bahasa Inggrisnya, Ezra Fitz. Oiya, Aria juga dibilang "the best liar" karena paling bisa bohong.
  • Hanna Marin :  Hanna (Ashley Benson) diceritain dulunya adalah cewek gendut yang sering di bully sama Alison. Setelah Alison hilang, Hanna mengidap eating disorder sampai jadi kurus. Hanna juga temenan sama Mona Vanderwaal, cewek yang sering di bully sama Ali karena Mona dulunya loser dan nerdy gitu. Pasca hilangnya Alison, Mona jadi cantik dan gaul banget. Hanna and Mona are the most popular girls in Rosewood High. Hanna sama Mona juga iseng-iseng shoplifting sampai akhirnya mereka ketawan, terus ibunya Hanna back-up Hanna dengan tidur sama Det. Wilden.
     
  • Spencer Hastings : Spencer (Troian Bellisario) cewek paling pinter diantara Liars. Seringnya dia jadi 'detektif' di hampir kejadian-kejadian apesnya Liars hahahaha. Spencer ini orang tuanya lawyers, terus she care so much about winning in everything. Dia juga bisa dibilang nerds. Dan Spencer tajir banget keluarganya. Selain nerds, Spencer juga aktif dimana-mana, kayak main hockey dan tennis. Dia pernah kissing sama pacar kakaknya, dan kepergok sama Alison. Terus Alison ngancem mau lapor ke kakaknya, Melissa. Makanya hubungan Spencer dan Alison emang kurang baik. Karena tenyata Alison juga suka sama pacarnya Melissa, Ian. Ali juga pernah bantuin Spencer menang class president dengan cara curang. Pasca Ali hilang, Spencer juga nggak sengaja kissing sama tunangan kakaknya, Wren.
  • Emily Fields : Emily (Shay Mitchell) ini cewek sporty diantara liars. Dia jago banget renangnya. Em juga gay (kalau di buku sih dia bisexual). Dia pernah suka sama Alison, dan mereka sempet kissing di library. Dari semua liars memang Em yang paling sayang sama Alison makanya dia suka dibilang "the weakest link". Setelah hilangnya Ali, Emily naksir tetangganya (menempati bekas rumah Ali) yang lesbian juga, Maya St. Germain. 
Setelah Aria balik dari Iceland, Hanna; Spencer; Emily mulai di teror dengan text-text yang isinya ngebeberin rahasia mereka, menyindir mereka, meneror mereka juga, dengan signature "-A" kayak Alison. Liars parno rahasia mereka nggak aman, terutama rahasia yang bakal mereka bawa sampai mati, yaitu "The Jenna Thing" waktu mereka ngebakar garasinya Jenna Marshall dan nggak sengaja bikin Jenna buta. Awalnya mereka pikir Ali masih hidup, karena Spencer pernah liat bayangan cewek blonde hair di kamar Ali (yang ceritanya sebrang-sebrangan sama kamar Spencer) persis Ali. Sampai akhirnya polisi menemukan jasad Ali di rumah keluarga St. Germains. Si -A ini selain super kepo dan bitchy kayak Alison, dia juga bisa ngelakuin apa aja dan selangkah lebih depan dari liars. -A bisa ngerusak hubungan liars, hidup liars, sampai (season 4 ini) mereka ngejar-ngejar orang tua liars! Dan yang gue suka, di Pretty Little Liars (sampai saat ini sih) nggak ada cowok-cowok yang digilir diantara liars hahahaha. Berikut cowok-cowok liars antara lain:
  • Ian Thomas : Ini cowok kakaknya Spencer, dia dibunuh di akhir season 1, kayaknya Ian tau banyak banget kejadian Ali hilang malam itu.
  • Wren Kingston (Jullian Morris) : Dokter british super hot ini agak-agak player juga, soalnya dia baik sama semua cewek hahahaha.
  • Toby Cavanaugh (Keegan Allen) : Toby ini awalnya ngejar Emily. Pernah dipaksa Ali untuk ngaku dia yang start the fire di "The Jenna Thing" ternyata Toby sempet suka sama Ali. Toby juga pernah dijadiin tahanan rumah karena ada bukti yang menguatkan kalo dia bunuh Alison (gara-gara Spencer juga sih). Tapi pada akhirnya Toby malah jadian sama Spencer dan mereka supeeeer sweeeeettttt!
  • Caleb Rivers (Tyler Blackburn) : Caleb ini hacker, pernah diminta Liars untuk investigating -A tapi ujung-ujungnya Caleb kena juga dikerjain sama -A. Dia ini akhirnya jadian sama Hanna, dan dia baik banget sama Hanna. Cuma Hanna suka nge-push dia supaya dia aman.
  • Ezra Fitz (Ian Harding) : Ezra sebenernya ganteng tapi entahlah, gue kesel dengan tokohnya dia hahaha. Karena dia sama Aria pacarannya terlalu serius, terlalu dewasa, tapi nggak berbuat apa-apa untuk lindungin Aria.
  • Noel Kahn (Brant Daugherty) : Sebenernya gue lebih setuju Aria sama Noel, karena Noel kalo di buku sweet banget. Terus tokoh Noel di film dibikin menyebalkan sekali hahaha. Noel ini kayaknya tau banyak tentang beberapa hal. Dia tuh tipikal cowok populer sok asik tapi nyimpen rahasia hahaha.
  • Lucas (Brendan Robinson) : Lucas ini suka dipanggil 'hermie' sama Ali, soalnya dia kalo ngomong emang agak manis. Dia diem-diem suka sama Hanna, tapi nggak berbalas. Dia juga sering diancam dan disuruh-suruh sama Mona.
  • Jason DiLaurentis (Drew Van Acker) : Kakak Alison ini kayak sering nyimpen sesuatu. Kayak tahu banyak tapi nggak punya temen gitu. Jason ini sebenarnya hasil hubungan gelap bapaknya Spencer dan ibunya Ali. Jadi Spencer sama Ali memang secara nggak langsung sekeluarga.
  • Garett Reynolds (Yani Gellman) : Garett bisa dibilang polisi 'anjing' di Rosewood karena bukannya melindungi, dia sebenarnya melindungi dirinya sendiri. Dari ngambil 'page 5' hasil autopsinya Alison sampe kepoin liars.
Gara-gara penuh misteri dengan -A nya banyak banget fans yang jadi punya teori (nubitol--newbie tolol--hahaha) sendiri tentang -A dan pembunuhnya Alison dari scene-scene PLL. Teori fans bahkan lebih seru daripada filmnya sendiri! Memang Marlene King dkk (creatornya PLL) suka kasih beberapa hints. Mereka juga suka ngambil dari beberapa literature atau film yang mengindikasikan kemiripan dengan episode tertentu. Kayak MK pernah bikin episode yang diambil dari film Kathy Bates, "Misery", dengan judul "Misery Loves Company" dan scene-nya kayak scene film Misery waktu si writer ini sebenernya di 'racun' supaya nggak sembuh-sembuh. Atau kayak episode season 2 finale, "UnmAsked", MK bikin episode itu terinspirasi dari "The Black Swan". Walau di akhir kita tau yang pakai kostum Black Swan itu Melissa Hastings, tapi kostum Aria Montgomery juga mengindikasikan kostum Black Swan juga. Selain itu waktu Aria dansa sama Ezra Fitz, setting tempatnya juga kayak Black Swan yang diantara cermin-cermin. MK pernah bilang kalo wardrobe Aria (yang aneh-aneh itu) beberapa ada maksudnya. Aria juga pernah pakai kostum Daisy Buchanan (The Great Gatsby), yang sebelumnya gue udah sering baca kalo Ezra itu kayak di The Great Gatsby, ada yang bilang bagian yang The Buchanans saling nggak sengaja bunuh selingkuhan pasangannya masing-masing, ada juga yang bilang Ezra obsesi dengan cewek dan punya hidden agenda gitu. Bahkan gara-gara PLL gue baca Great Gatsby! hahahaha.

So, who's -A? (post di bawah ini mengandung spoiler, jadi harap mundur kalo nggak mau terganggu)

  • In book: Mona Vanderwaal, karena dia dari dulu kan di bully Alison jadi dia mau balas dendam. Waktu ketawan, Mona sempet ngajak Spencer untuk gabung tapi Spencer nolak, terus Mona jatuh ke jurang dan mati.
    Setelah Mona mati, Mrs DiLaurentis mengenalkan anaknya Courtney DiLaurentis, kembarannya Alison yang ternyata selama ini di rumah sakit jiwa. Ternyata Courtney dan Alison tukeran identitas dari mereka grade 7, selama ini yang jadi teman Liars itu Courtney yang jadi Alison (yang sakit jiwa) terus Alison yang asli kabur dari rumah sakit jiwa kemudian bunuh Alison yang palsu (Courtney) kemudian dia jadi -A yang kedua.
  • In TV: Mona Vanderwaal, dengan alasan yang sama pluuuss dia ngerasa Liars ngerebut Hanna dari dia. Setelah ketawan, Mona stay di rumah sakit jiwa, Radley Sanitarium. Merekrut Toby Cavanaugh untuk jadi kaki tangannya selama dia di Radley. Dan ternyata Toby join karena dia kepo sama -A team hahaha. Begitu juga Spencer yang akhirnya ikut permainannya Mona jadi -A karena dia pengen tau Toby masih hidup apa nggak. Sekarang Mona juga ikut dalam lingkaran permainan -A yang baru. 
  • Yang pernah di duga -A antara lain: Jenna (because she's very sketchy sometimes dan dia juga benci sama Ali tapi selalu aja dibelokin lagi kalo Jenna dijebak); Melissa (Melissa juga benci sama Ali dari dulu dan sepertinya dia banyak ngelindungin keluarganya); Ezra (Tokoh Ezra muncul dari episode 1 dan tetap dipertahankan sampai sekarang dan beberapa kali -A nggak pernah terlalu jahat sama Aria, kayak Ezra punya typewriter, -A biasa blackmail pakai typewriter juga); Aria (-A sering kali main 'lembek' sama Aria, Aria juga dibilang 'the best liar' sama teman-temannya, wardrobe Aria juga sering kali seperti sebuah code); Ali's Twin (tapi produser dan writers TV banyak yang bilang nggak ngikutin buku, tapi yaaa buktinya mereka tetap ngikutin buku kalo Mona -A pertama. Besides, the existence of Courtney DiLaurentis is a major storyline banget di buku, they should appreciate Sara as the author. Kalo menurut gue sih lebih seru kalau Courtney tetap ada tapi jalan ceritanya dibikin lebih twisted gitu.)
Kalau banyak yang penasaran dengan teori-teori PLL, I'll recommend you to read:
- Forum lokal seperti Indowebster atau Kaskus, search ada "Pretty Little Liars"
- Blog Pretty Little Conspiracies : banyak masukan dari fans, seru, walau mereka sekarang jarang update karena mereka sekolah.
- Blog Pretty Little Secret Hints : hampir sama dengan PLC tapi lebih organize aja, karena mereka punya website sendiri sekarang (gile ya niat!).

0 comments: