Membeli Aplikasi AppStore Secara Legal Tanpa Credit Card

Semalam, saya membaca perdebatan seru antara reseller aplikasi iOS dengan seorang socmed seleb di ask.fm. Intinya sih si seleb bikin statement bahwa reseller aplikasi itu sama dengan melakukan pembajakan hasil karya intelektual, ilegal, sama halnya dengan pembuat dan penjual dvd bajakan. Memang sih tindakan seperti itu tidak bisa dibenarkan mau apapun alasannya (misal: bantu ekonomi keluarga gituuu?). Sebenarnya sih poin yang di maksud si seleb adalah menjual aplikasi tsb secara bebas (ilegal), karena selain kamu membajak, kamu juga mengambil keuntungan yang bukan hakmu. Saya sendiri suka share ebooks sih, sama sih kayak pembajakan, tapi saya tidak mengambil keuntungan dari situ, saya hanya ingin berbagi untuk yang mau preview buku sebelum beli atau yang mungkin merasa kemahalan kalau beli buku import. Lagipula sebenarnya, baca buku yang bentuk fisiknya seperti buku lebih enak daripada baca ebook :P. Saya sendiri seorang programmer, saya ngerti banget betapa susahnya bikin program dan design, apalagi aplikasi iOS. Selain kuliah yang bertahun-tahun itu, kamu juga harus pakai mac os untuk build aplikasimu, lalu bayar langganan ke iTunes untuk memasukkan aplikasimu ke AppStore. Bayangkan berapa modal awalnya?

Anywaaay... Yang mau saya bahas disini sebenarnya bukan masalah pembajakannya. Saya tertarik dengan alasan konsumen pembeli aplikasi dari reseller. Rata-rata alasannya: "nggak punya credit card", "lo sih enak orang kaya, kita juga mau kali ngerasain aplikasi dengan harga murah". Hmm.. Baiklah, saya punya beberapa tips untuk kamu membeli aplikasi iOS. 

1.) Sebenarnya, kalau kamu tipe orang yang suka backup-restore ke iTunes, kamu pasti akan berfikir 2x buat beli apps di reseller ilegal. Karena itunes akan meminta verifikasi email & password appstore pembeli aplikasi tersebut. Agak ribet aja sih input-input terus. 
2.) Saya selalu sarankan untuk backup semua data kamu ke itunes, dan turn on iCloud kamu untuk contacts. Karena Apple punya sistem backup-restore dan cloud server yang sangat baik. Ribet tapi memudahkan kamu di kemudian hari jika: idevice hilang, data loss karena factory reset, atau ganti hp. 
3.) Tidak perlu credit card, saya tidak pernah memasukkan credit card number ke data appstore saya, karena sepupu-sepupu yang masih kecil suka pinjam ipod/ipad untuk main, jadi saya menghindari mereka iseng beli diamonds di game. Juga agak parno dengan internet safety disini. Maka, saya biasanya membeli itunes gift card. 
Dimana belinya? Kaskus banyak. Recommend teman-teman saya adalah ibanezblack. Dia jual IDR dan USD. Kalau di Singapore dan Hong Kong, malah biasanya di jual di 7-11 seperti jual pulsa telepon disini. Tapi saya seringnya minta tolong ke teman yang pakai credit card untuk gift voucher / tambah credit untuk saya, kemudian saya akan ganti biaya yang dikeluarkan dia untuk membelinya. 
4.) Tidak punya uang? Nabung! 
5.) Sayang mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk beli aplikasi? Bergayalah sesuai dengan kantongmu, jangan memaksa. Coba cari aplikasi sejenis yang free, biasanya juga banyak. Misal kamu ingin Afterlight, ada kok yang mirip-mirip Afterlight, kamu bisa coba VSCO cam dan lain sebagainya. Dulu jamannya Camera+ dan Snapseed masih happening, saya juga sayang untuk beli, kemudian download aplikasi lain (lupa namanya) yang sejenis. Ya hasilnya memang tidak sama, tapi paling tidak mendekati laaah :p

Sekian tips dari saya. Semoga pengguna smartphone juga semakin smart dalam menggunakan gadgetnya. :))

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com