Somebody Left A Message on My Wattpad Message Board


Terharu aja ada yg ngemessage gini. Suka terharu kalo ada silent reader terus ninggalin jejak kesan-pesan abis baca cerita gue. Setiap penulis di wattpad pasti seneng kalo ada yg comment di tiap part ceritanya. Itulah yg membuat gue juga betah ngepost semua first draft cerita gue disana. Comment yang ngebahas ceritanya (apalagi kalo panjang) itu bener2 bikin semangat ngelanjutin part banget tanpa harus dikasih ucapan semangat. Bikin kita pengen cepet2 ngelepas part baru untuk tau respon kalian. Kadang, comment juga jadi tolak ukur apakah penyampaian kita udah bener sehingga org ngerti? Apakah ada plot hole di cerita kita? Apakah pesan yg kita sampaikan nyampe? 

Comment kadang juga bisa mempengaruhi plot/ending kita. Kayak kita bisa ukur selera pasar kayak apa sih? Kalo endingnya gak sesuai pasar gimana nih caranya ya biar cerita kita tetep enak dinikmati ya? Kayak waktu bikin Secangkir Kopi & Pencakar Langit, gue tau banget fansnya Satrya banyak banget, dan mereka bakal sedih pasti kalo Satrya nggak 'menang'. So i try to find a way, gimana bisa ngehibur pendukungnya Satrya, tanpa harus ngerubah plot dan ending yg udah gue siapkan. Jadi tanpa disadari, comment pembaca secara nggak langsung jd editor pertama dalam penulisan cerita tsb lho. Makanya gw sebisa mungkin selalu bales comment2 yg menarik di waktu senggang. Supaya bisa discuss juga. 

Dan alhamdulillah tanpa ngerajuk-rajuk minta votes & comment, lapak gue tetap mendapatkan itu. Suka ada yg bilang dulu sebelum SKdPL serame ini: "kok view dan vommentnya dikit, tapi kamu nggak rewel deh". Gue sih cengar cengir aja bacanya. Orang tujuan main di wattpad ini awalnya biar sukses nyelesain 100 hal cerita, which is udah bisa dijadiin novel. Padahal dulu-dulu kebayang bikin cerita 100 hal di words itu kayak berat bener hahaha. 

Alah, gue kayak penulis beneran aja yak. Yah intinya itu sih yg gue pelajari dari surfing dunia oren tsb. Gue juga masih belajar utk terus menulis dan menjadi lebih baik. Agar cerita gue bukan cuma dinikmati, tapi juga layak dijadiin koleksi. 


No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com